Iklan

 


Iklan

H. Tuanku Asrul. SE. MH Yang Dipertuan Kinali Selaku Rajo Pati Ambalau 22 Ninik Mamak Kinali

28 Juli, 2021, Rabu, Juli 28, 2021 WIB Last Updated 2021-07-28T04:08:12Z


ESSA.TV │KINALI - H. Tuanku Asrul. SE. MH Yang Dipertuan Kinali selalu Rajo Kinali, lakukan PATI AMBALAU ( pengukuhan) terhadap 22 ninik mamak Kinali dalam tatanan adat kerajaan Yang Dipertuan Kinali suku koto dari 37 ninik mamak dalam lingkup Nagari Kinali.



Hal ini menyikapi terjadinya dualisme petinggi adat di kinali dengan Gelar " YANG DIPERTUAN KINALI", yang berujung terjadi pembuktian secara fakta nyata di polda Sumateta barat senen 21/6/2021 lalu, Tuanku, H, Asrul SE, MH, Yang Dipertuan Kinali bersuku koto, keluarkan ranji dan memberi Pati Ambalau ( pengukuhan) terhadap puluhan ninik mamak kinali, hal ini di ungkapkan Tk, Asrul selasa 13/7 di kinali, dimana pelaksanaan ini dengan memakai standar prokes covid. 19.


" Dalam Pati Ambalau yang dilaksakan di kantor Kerapatan Adat Nagari ( KAN) dihadiri Pj. Wali nagari Muslim Dt Rajo Magek, ,Arlismanto Bamus Nagari Kinali, LKAM Pasaman Barat, H. Tuanku Jailani Daulek Patik Batu, Dody Wahyudi DPRD Kab Pasaman Barat dan ninik mamak, Bundo Kanduang serta undangan, dan ninikk mamak yang dilakukan Pati Ambalau ialah : M. Nur Majosadeo, H. Jurnalis Dt Bando Basa, Ruzi Saputra Dt Indo Mangkuto, Badaruddin Dt Bando Panjang, Tempur Rahman Dt Sinaro Nan Panjang, Jamanir Dt Batuah, Ali Akbar, SE, Dt Majo Basa, Edy Yusuf Dt Jando Lela, Musliman Dt Simarajo, Darmawi Dt Kando Marajo, Syafrizal Sutan Majolelo, Sari Ali Dt RajoAmaik, Syafri Akmal Dt Sutan Bandaro, Syahril Imbang langik, Awen Dt Bungsu, Maramis Dt St Majolelo, Syaril Dt Kayo, Riki Rifrianto Dt Majo Labiah, Sudirman Dt Rajo Basa, Hendra Dt Bando Kayo, Alizar Dt Bagindo dan M. Abbas TK. KH. ST Dt Nanti Manang.


Dalam Maklumatnya Rajo Kinali dalam kerajaan adat Yang Dipertuan Kinali menegaskan bahwa bagi ninik mamak yang tidak mengakui kedaulatan Yang Dipertuan Kinali suku koto atas dasar keputusan adat 4 Januari 1976 duduak alah bakisa tagak alah bapaliang, keputusan : Tidak kami akui kewenangannya dalam membawa Gelar Sako Adat Ninik Mamak Kinali wilayah kerajaan adat Yang Dipertuan Kinali baik secara adat dan syara' maupun secara aturan perundang-undangan yang berlaku.

Simak video selengkapnya :

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • H. Tuanku Asrul. SE. MH Yang Dipertuan Kinali Selaku Rajo Pati Ambalau 22 Ninik Mamak Kinali

Topik Populer

Iklan