Iklan

bannerwebsasarainaedit

Iklan

Raudhah Farm Bawan Kabupaten Agam Kembangkan Peternakan Sapi

04 Januari, 2021, Senin, Januari 04, 2021 WIB Last Updated 2021-01-03T18:27:25Z


ESSA.TV │ KABUPATEN AGAM –
 Pembudidayaan sapi Bali dikembangkan di Raudhah Farm Bawan Kabupaten Agam. Usaha ekonomi produktif ini sudah dilakukan sejak tahun 2013 lalu hingga saat ini.

 

Hingga saat ini pihaknya sudah memiliki sebanyak 150 ekor sapi yang dipelihara di sejumlah peternak di Bawan Kecamatan Ampek Nagari dan sebagiannya di tempatkan pada satu kandang, namun masih berdekatan dengan areal pemeliharaan peternak lainnya.

 

"Pengadaan sapi Bali ini dikembangkan dalam upaya memenuhi kebutuhan hewan kurban setiap tahunnya sejak 2013 lalu,"katanya.

 

Selama pemeliharaan di kandang pihak pengelola sapi melibatkan sebanyak 5 petugas, dan mereka di nilai berkompeten melakukan dengan baik.

 

Diakui, selama ini pihaknya dapat memenuhi kebutuhan hewan kurban di beberapa provinsi di Sumatera Barat, Sumatra Utara dan Riau. Juga untuk melakukan penambahan sapi ini dilakukan dengan peternak di berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, NTB, dan lainnya, hanya saja tertunda, karena situasi tidak memungkinkan disebabkan covid19.

 

Namun karena situasi covid 19, pihaknya hanya dapat memenuhi kebutuhan mencapai 30 persen, sebab jumlah sapi yang bisa dijual jauh lebih sedikit dari tahun sebelumnya.

 

Dalam menyikapi minimnya hewan kurban sapi, pihaknya melakukan terobosan dengan membuka tabungan kurban dan ditawarkan kepada masyarakat Agam dan sekitarnya dengan sistim bagi hasil antara pemilik dan pemelihara atau pengelola.

 

"Hingga kini investor sudah mencapai 40 orang lebih,dan mereka memiliki hewan tabungan sebanyak dua hingga 20 ekor perorang,"katanya.

 

Setelah melalui masa pemeliharaan, kemudian sapi sapi yang layak jual dipasarkan seharga Rp 11 juta hingga Rp 20 juta per ekor sesuai kondisi hewan sapi tersebut.

 

Ditambahkan, dengan adanya program tabungan sapi ini turut menambah hewan peliharaan.Baik dalam bentuk pengembangbiakan juga penggemukan, sehingga akan terjadi penambahan hewan sapi dari tahun ke tahun.

 

Khusus dalam pemiliharaan hewan, pihaknya bekerjasama dengan Puskesmas dalam upaya menjaga kesehatan sapi tetap sehat dan semakin tinggi jumlah populasi nya dari pengembangbiakan yang dilakukan. Diharapkan tiga tahun ke depan, lembaga ini akan dapat memenuhi kebutuhan pasar terutama dalam memenuhi hewan kurban setiap tahunnya. (**)

 

Simak video selengkapnya :

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Raudhah Farm Bawan Kabupaten Agam Kembangkan Peternakan Sapi

Topik Populer

Iklan